Rabu, 28 Desember 2016

Resep Roti Goreng Pisang Coklat

Hai, Readers…

Maapkeun karena tema blogku masih sangat sangat random, namun tetap sebagian besar adalah apa yang aku pernah alami, kunjungi, atau lakukan percobaannya sendiri. Sebelumnya aku pernah posting salah satu resep masakan dari Filipina, yaitu Resep Masakan dari Filipina - Estafado.

Untuk resep yang akan aku bagikan kali ini adalah resep camilan yang sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah, bahkan bisa juga dijadikan sarapan nikmat untuk keluarga. Sesuai dengan judulnya, bahan dasar camilan ini adalah roti, pisang dan coklat.

Selain bahannya yang sangat mudah dicari dan murah, cara membuatnya pun sangat mudah. Tidak memerlukan waktu yang lama sehingga dapat menjadi kreasi menu sarapan keluarga Anda. Tak perlu berlama lagi, pertama-tama kita menyiapkan bahan-bahannya.


Bahan-bahan:
2 lembar roti tawar
3 sdm coklat cair
1 buah pisang (dapat diganti buah lain sesuai selera)
1 butir telur
5 sdm tepung roti
¼ kg minyak goreng

Cara membuat:
1.       Pisahkan tepi roti dengan memotongnya menggunakan pisau, kemudian sisihkan bagian tepinya


2.       Tuang sedikit coklat cair di bagian pinggir roti


3.       Potong pisang menjadi 4 bagian
4.       Letakkan pisang diatas coklat kemudian tambahkan kembali coklat cair


5.       Gulung roti hingga membentuk tabung


6.       Kocok telur hingga tercampur merata


7.       Gulung roti yang telah siap pada telur, tujuannya untuk merekatkan roti agar tidak terbuka saat digoreng dan merekatkan tepung roti


8.       Setelah roti rata dengan telur, gulung kembali pada tepung roti hingga merata



9.       Masukkan roti yang telah selesai dibuat ke dalam freezer selama 15-30 menit untuk memastikan telur telah mengering dan roti merekat sempurna
10.   Pembuatan dapat dilakukan pada malam sebelumnya sehingga jika ingin dikonsumsi pada pagi hari untuk sarapan dapat langsung digoreng
11.   Panaskan minyak untuk menggoreng roti tersebut
12.   Masukkan roti dan goreng hingga berwarna jingga terang, atau bisa juga agak kecoklatan
13.   Setelah matang, angkat dan roti siap disajikan selagi hangat agar lebih terasa krispinya

Untuk 2 porsi

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Berminat untuk membuatnya? Ayolah, keluargaku telah memberikan review sangat baik untuk resep ini. Berikan ini untuk sarapan keluargamu dan kamu akan mendapatkan review manis dari mereka. Selamat mencoba. :)

Kamis, 22 Desember 2016

Mengenal Gizi Buruk Sejak Dini

Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absopsi, transportasi, penyimpanan, metabolism dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.


Salah satu gangguan akibat kurangnya konsumsi makanan dengan zat gizi yang mencukupi dalam sehari adalah Kurang Energi Protein. Kurangan Energi Protein (KEP) adalah keadaan kurang gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energy dan protein dalam makanan sehari-hari sehingga tidak memenuhi angka kecukupan gizi. Orang yang mengidap gejala klinis KEP ringan dan sedang pada pemeriksaan hanya nampak kurus. Namun gejala klinis KEP berat secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu marasmus, kwashiorkor, atau marasmus-kwarshiorkor.

Kurang Energi Protein (KEP) disebabkan oleh kekurangan makan sumber energi secara umum dan kekurangan sumber protein. Pada anak-anak, KEP dapat menghambat pertumbuhan, rentan terhadap penyakit terutama penyakit infeksi dan mengakibatkan rendahnya tingkat kecerdasan. Pada orang dewasa, KEP menurunkan produktivitas kerja dan derajat kesehatan sehingga menyebabkan rentan terhadap penyakit.

1. Tanda-Tanda Klinis
Pada pemeriksaan klinis, penderita KEP akan memperlihatkan tanda-tanda sebagai berikut:

Marasmus
  • Anak tampak sangat kurus, tinggal tulang terbungkus kulit
  • Wajah seperti orang tua
  • Cengeng, rewel
  • Kulit keriput, jaringan lemak subkutis sangat sedikit, bahkan sampai tidak ada
  • Sering disertai diare kronik atau konstipasi/susah buang air, serta penyakit kronik
  • Tekanan darah, detak jantung, dan pernafasan berkurang


Kwarshiorkor
  • Oedem umumnya di seluruh tubuh dan terutama pada kaki (dorsum pedis)
  • Wajah membulat dan sembab
  • Otot-otot mengecil, lebih nyata apabila diperiksa pada posisi berdiri atau duduk, anak berbaring terus menerus
  • Perubahan status mental: cengeng, rewel, kadang apatis
  • Anak sering menolak segala jenis makanan (anoreksia)
  • Pembesaran hati
  • Sering disertai infeksi, anemia dan diare/mencret
  • Rambut berwarna kusam dan mudah dicabut
  • Gangguan kulit berupa bercak merah yang meluas dan berubah menjadi hitam terkelupas
  • Pandangan mata anak nampak sayu


Marasmus-Kwarshiorkor


Tanda-tanda marasmic-kwarshiorkor adalah gabungan dari tanda-tanda yang ada pada marasmus dan kwarshiorkor yang ada. (Depkes RI, 1999)

2. Metode Penentuan
Untuk mendeteksi Kurang Energi Protein (KEP), maka perlu dilakukan pemeriksaan (inspeksi) terhadap target organ yang meliputi:
  • Kulit seluruh tubuh terutama wajah, tangan dan kaki
  • Otot-otot
  • Rambut
  • Mata
  • Hati
  • Muka
  • Gerakan motorik

3. Interpretasi
Apabila dalam pemeriksaan fisik pada anak target organ banyak mengalami perubahan sesuai dengan tanda-tanda klinis yang Kurang Energi Protein (KEP), maka ada petunjuk bahwa anak tersebut kemungkinan besar menderita KEP. Meskipun demikian perlu dicermati bahwa penilaian KEP masih memerlukan pengamatan lebih lanjut termasuk marasmus, kwarshiorkor, atau marasmus-kwarshiorkor sesuai dengan tanda-tanda yang lebih spesifik.

So, aku menyarankan untuk para Mahmud alias Mamah Muda jangan sampai melewatkan Posyandu sangat-sangat tidak disarankan. Dan selalu melakukan pengecekan kesehatan baby maupun balitanya. Karena berawal dari rutinnya pengecekan berat badan dan perkembangan baby-mu dapat mencegah terjadinya penyakit yang telah disebutkan diatas.
Semoga bermanfaat

Sumber:
Almatsier, Sunita. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta. 2001
Supariasa, I Dewa Nyoman. Penilaian Status Gizi. Jakarta. 2001

Senin, 19 Desember 2016

Galau Karena Mantan? OMG That’s Not Me!!

Kamu baru putus dari kekasih? Pastinya rasa sedih, kecewa, gundah masih menyelimuti hati kecilmu yah? Bagaimanapun perpisahan akan selalu memberikan rasa yang tidak nyaman di hati kita. Namun kamu tidak perlu larut untuk waktu yang lama dari perasaan tersebut. Jika memang hubungan kamu berakhir secara baik-baik belajarlah untuk menerima situasi, namun jika masih ada yang mengganjal sebaiknya dibicarakan hingga persoalannya tuntas.

Bukan hal mudah melupakan seseorang yang telah berada selama itu menemani kita dalam suka maupun duka. Percayalah Tuhan tidak akan melepaskan sesuatu atas apa yang kamu miliki kecuali telah dipersiapkan hal yang lebih baik dan lebih indah dari yang kamu harapkan. Aku ada beberapa saran untuk memulai kembali hari yang baru dengan senyuman meski tanpa si Dia.
Apa saja kegiatannya? Berikut ulasannya…

1. Hangout Bareng Sahabat

Wah, kalau ini sih jangan ditanya. Ampuh banget dan tiada dua deh menurutku, selain kamu bisa curhat sepuasnya tentang apa yang kamu rasain saat ini, mereka yang menyayangimu lebih akan membuatmu kembali tersenyum bagaimanapun caranya. Karena sahabat tidak akan pernah senang melihat sahabatnya bersedih sendiri.

Siapapun pasti setuju dengan hal ini bukan? Karena dengan berbagi cerita kepada sahabat akan mengurangi sedikit perasaan tidak enak yang sedang kamu alami. Bahkan bisa membantu melupakannya, jika akhirnya kamu dan sahabatmu bisa jadian, hihi drama banget yah. Eh tapi gak salah kan? Dan pastinya kalian harus berlawanan jenis yaa *peace*

2. Melakukan Apa Yang Kamu Suka

Selama ini pasti banyak hal yang kamu suka telah terlewatkan karena banyak aktivitas yang kamu lakukan bersama si dia. Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kamu benar-benar menikmati me time secara sempurna tanpa memikirkan untuk mengabari si dia atau benar-benar tak perlu memikirkan hal lain selain apa yang kamu ingin lakukan. Inilah saatnya kamu menyempurnakan itu semua, melakukannya sendiri hingga hatimu benar-benar puas tanpa memikirkan hal lain.

3. Membuka Koneksi Di Media Sosial

Selama ini kamu pasti agak menutup komunikasi dengan laki-laki lain sekalipun dia teman lamamu, dengan alasan tak enak dengan pasanganmu. Well, ini waktunya kamu memiliki banyak teman kembali tanpa memikirkan perasaan pasanganmu marah atau cemburut melihat keakrabanmu dengan teman yang lain. 

Jalan dengan teman laki-laki lain tak ada salahnya, selain kamu mendapatkan hal baru pastinya akan menambah wawasan dari lain kepala bukan? Namun bukan berarti kembali menjalin hubungan. Sebaiknya kamu cukup berteman saja sambil kembali menenangkan hati agar kamu tidak salah lagi dalam memilih. Mumpung kamu belum benar benar memiliki ikatan yang resmi tak ada salahnya untuk menambah koneksimu.

4. Mengikuti Komunitas Hobimu

Hobi itukan apa yang sering kita lakukan karena kita sukai atau hal-hal yang menyenangkan. Pasti akan sangat menyenangkan jika kita melakukannya ditambah lagi bersama dengan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama. Selain menyenangkan biasanya kamu dapat meningkatkan skill yang telah kamu miliki dengan berbagi informasi dengan mereka yang memiliki hobi yang sama. Jadi, tidak ada salahnya kamu mulai berkomunitas pada apa yang kamu suka.

Beberapa tips untuk mulai move on dari mantan yang cukup mengganggu suasana hati kamu belakangan ini semoga dapat membantu. So, yang namanya bersedih sebaiknya cukup dirasa sama halnya kamu menikmati kesenangan yang cuma sesaat. #LetsMoveOn dan ciptakan kebahagiaan dari dalam diri kamu sendiri. 

Kamu juga bisa berbagi tips dengan memberikannya melalui kolom komentar. Berbagi untuk menciptakan senyuman adalah hal mudah bukan? So, tunggu apalagi. :)

Senin, 05 Desember 2016

10 Tips Sukses Menjadi Customer Service

Berkarir menjadi layanan pelanggan atau yang sering disebut “Customer Service atau CS” merupakan salah satu yang menarik, menantang dan bermanfaat. Tugas seorang Customer Service Profesional akan bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, tetapi sebagian besar waktu itu melibatkan atau berkaitan dengan pertanyaan atau permintaan layanan dari pelanggan melalui media seperti telepon, email, live chat, face-to-face dan bahkan di media sosial.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam karir ini, ada keterampilan kunci yang harus kamu miliki, seperti kemampuan berkomunikasi, ponsel dan komputer untuk beberapa nama. Berikut adalah tips mengenai bagaimana kamu dapat membuat sebagian besar keterampilan ini untuk berdiri dalam karir sebagai Customer Service Profesional.

#1. Berbudi Bahasa dan Bersedia Didekati


Tersenyum ketika berbicara dengan pelanggan, sopan santun dan menggunakan kata ajaib dalam percakapanmu dengan mereka. Maksudnya adalah untuk membuat percakapan terasa lebih hidup, hangat dan mudah diingat.

Tidak mudah berinteraksi dengan menggunakan suara, karena seperti menghabiskan hari kamu mungkin melepaskan kendali atau energi untuk menjadi hangat dan menghidupkan masing-masing pelanggan yang kamu ajak berinteraksi. Ini dapat diatasi dengan perlakuan masing-masing interaksi sebagai melengkapi yang baru, melayani pelanggan dalam satu waktu.

Jika pelanggan melihatmu sebagai seorang yang berbudi bahasa dan bersedia didekati, mereka akan hangat kepadamu, dan akan lebih hidup untuk membuatmu didambakan ‘Pelayan Rekomendasi’ itu dapat mendorong karirmu.

#2. Menjadi Positif

Menjadi positif adalah hal penting dalam karir menjadi Customer Service, dimana kamu mungkin akan berurusan dengan hal negatif (komplen pelanggan, kesalahan pelayanan, dan lainnya) adalah besar. Energi dari sikap positif juga menular, kamu dapat menyebarkannya di member tim dan mungkin pelanggan dalam keputusasaan.

Keadaan yang sanggup untuk tetap positif dan percaya bahwa kamu sanggup untuk mengatasi situasi negatif yang terjadi dalam karirmu. Satu dari jalan yang paling efektif untuk membangun sebuah pendapat positif lainnya adalah dengan bertanya pada dirimu sendiri pertanyaa berikut kapanpun kamu merasa dalam situasi negative. Tanyakan pada dirimu sendiri pertanyaan berikut:

Apa satu hal positif atau baik tentang situasi ini?
Apakah ada peluang baik dalam situasi ini?

#3. Menambah Kemampuan Interpersonalmu

Kemampuan interpersonal yang baik adalah kunci untuk setiap orang dalam Customer Service, terutama kamu akan dituntut untuk berinteraksi dengan pelanggan. Mengasah dan mengembangkan kemampuan ini akan membantu kamu merancang dirimu sendiri (dan karyawan) lebih positif, serta mencegah beberapa kecanggungan selama kamu berinteraksi dengan pelanggan.

Kemampuan interpersonal yang baik memungkinkan kamu membangun hubungan tertutup dengan pelanggan dan memelihara kepercayaan. Membuat hal ini mungkin untukmu untuk menjadi lintas penjualan sukses yang berdampak positif pada karyawan dibawahmu.

#4. Mencoba Untuk Bekerja Efisien


Kerja cerdas, melihat pada jalan untuk menambah ketepatanmu (dan produktivitas) di kantor. Menggunakan cara pintas keyboard, aplikasi manajemen waktu dan perkakas lainnya yang tersedia untuk menambah ketepatan guna dan produktivitas.

Semakin efisien kamu, kamu sanggup untuk membantu banyak pelanggan, ini membuat kamu berharga dan menjadi anggota tim yang diandalkan atasan kamu akan senang. Ketika atasanmu mulai melihatmu sebagai karyawan yang berharga, kamu berkesempatan untuk tumbuh berkembang.

#5. Belajar Untuk Berempati


Empati adalah seni dari mengenal dan mengerti emosi pada orang lain. Kemampuan ini adalah penting dalam membangun dan mempertahankan kedua bisnis dan hubungan interpersonal, dan memainkan aturan penting dalam menyelesaikan pengaduan.

Kemampuan untuk berempati adalah apa yang membantu kamu berhubungan dengan emosi pelanggan dan membayangkan situasi dari perspektif mereka. Kunci untuk melakukan ini, adalah dengan membayangkan diri sendiri akan mengalami atau mengalami tantangan pelanggan (menempatkan diri pada posisi mereka).

Ketika kamu berempati secara efektif, kamu akan lebih mengerti bagaimana untuk berhubungan pada situasi khusus dan bagaimana kamu dapat merasakan hal tersebut, ini memungkinkan untuk kamu mengatakan kata-kata baik yang dapat menenangkan ketersinggungan pelanggan.

#6. Master Kesabaran


Kesabaran adalah kemampuan Customer Service yang sangat penting, hal tersebut akan berguna terutama ketika kamu harus berurusan dengan pelanggan yang membuat keadaan dalam layanan pelanggan menjadi kacau.

Kesabaran memainkan sebuah peranan penting ketika kamu berurusan dengan marah atau pengaduan pelanggan, ini memungkinkan kamu untuk mendengar dan dengan tenang menyaring informasi yang berguna dan jawaban dari kemarahan pelanggan.

Menjadi layanan pelanggan frustasi professional tidak akan menempatkan kamu dengan baik dimanapun baik pada atasanmu maupun pelanggan, dan akan merugikan pertumbuhan karirmu.

#7. Bekerja Dengan Kecerdasan Emosionalmu

Emotional Intelligence (EI) adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, menilai, mengurus dan mengontrol emosi dari diri sendiri dan orang lain. Kesadaran ini mengarah pada kemampuan lain yang memungkinkan kamu untuk efektif berempati, mengurus sosia interaksi dan memberikan pelayanan pelanggan berkualitas tinggi.

Tingkat pada kecerdasan emosional berpengaruh pada kualitas dari layanan pelangganmu, ini menjadikan penting bahwa kamu bekerja pada kesempurnaan kecerdasan emotionalmu.

#8. Flexible

Seorang Customer Service Profesional harus mampu untuk menyesuaikan diri dengan sejumlah situasi dengan cepat, situasi tersebut berbeda dari permintaan pelanggan berbeda pada setiap waktu kerja, kesalahan layanan dan bahkan tempramen/tabiat pelanggan, beberapa pelanggan akan marah-marah, menggagalkan dan senang hati. Keluwesan adalah yang mungkin kamu untuk menyesuaikan/beradaptasi pada situasi berbeda dengan mudah. Itu juga membantu kamu untuk mengendalikan emosional sehat dan keseimbangan kehidupan kerja.

#9. Mengetahui Dan Memahami Produk

Pelanggan sering kali menjangkau untuk membuat pertanyaan tentang produk/layanan yang ditawarkan. Itu akan mengecewakan sebagai seorang professional jika kamu gagal untuk menjawab pertanyaan dasar tentang produk-produk.

Kamu harus tahu juga bahwa pengetahuan produk adalah pembeda terbesar antara Customer Service Profesional dan Customer Service Hero. Kemudian memiliki pengetahuan yang sangat baik dari produk/layanan utama mereka, dan bahkan melangkah lebih jauh untuk mendapatkan akal dan pintas yang dapat membantu pelanggan membuat yang terbaik dari itu.

Tetapi kadang-kadang bahkan yang terbaik dapat lupa. Jika kamu mendapatkan diri sendiri pada situasi demikian TIDAK BISA katakan “Saya tidak tahu” memberikan percobaan untuk mendapatkan jawaban.

#10. Membangun Hubungan Dengan Rekan


Waktu istimewa, untuk menyelesaikan sesuatu untuk pelanggan, kamu harus berkolaborasi dengan rekan didalam timmu, atau di departemen lain. Hal ini menjadi penting untuk kamu membangun hubungan yang kuat dengan mereka atau departemen lain. Sehingga pada saat kamu mengalami kendala diluar kemampuanmu, kamu akan mendapatkan bantuan dari mereka.

Bagaimana tips yang telah aku berikan? Apakah sudah kamu miliki 10 hal yang penting sekali sebagai seorang Customer Service Profesional? Aku akan senang sekali jika informasi yang telah disampaikan bermanfaat bagi kalian. Semoga kita bisa selalu memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan. Lagi! Jika ada kritik ataupun saran bisa langsung dikolom komentar yaa, paling gak dibales hehe. Gak kok bercanda yah. See you on next information *kiss kiss*

Sumber: https://cxservice360.com/2016/11/14/success-tips-in-a-customer-service-career-part-2/