Kamis, 19 Januari 2017

10 Manfaat Yang Didapatkan Dari Sarapan

Siapapun pasti sudah sangat mengenal kata "Sarapan". Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kata sarapan itu sendiri? Mari sedikit kita bahas artinya berdasarkan Wikipedia yang berarti keadaan untuk mengkonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai pukul 06.00 sampai 10.00 pagi.

Sedangkan menurut Moehji, sarapan pagi adalah suatu kegiatan penting sebelum melakukan aktivitas fisik pada hari itu. Manusia membutuhkan sarapan pagi karena dalam sarapan pagi diharapkan terjadainya ketersediaan energi yang digunakan untuk jam pertama melakukan aktivitas. Akibat tidak sarapan pagi akan menyebabkan tubuh tidak mempunyai energi yang cukup untuk melakukan aktivitas terutama pada proses belajar karena pada malam hari di tubuh tetap berlangsung proses oksidasi guna menghasilkan tenaga untuk menggerakkan jantung, paru-paru dan otot-otot tubuh lainnya.

Saat ini pemerintah sedang gencarnya meningkatkan kesadaran pentingnya sarapan kepada masyarakat, khususnya bagi pelajar yang sering kali melewatkan dengan berbagai alasan. Seperti yang telah dijelaskan oleh Moehji pentingnya sarapan dilakukan demi lancarnya aktivitas dalam sehari penuh terutama diawal aktivitas. Bagi pelajar pentingnya sarapan untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Selain itu ada banyak manfaat yang kita dapatkan dari sarapan.

1. Memberikan semangat untuk mengawali hari


Setiap orang harus memulai hari mereka secara tepat dengan makan banyak vitamin dan juga nutrisi lainnya. Hal yang utama tentang sarapan adalah ada begitu banyak makanan sarapan umum yang dapat dianggap makanan sangat baik karena nilai kandungan gizi mereka. Kandungan gini inilah yang meningkatkan semangat dalam tubuh sehingga aktivitas akan menjadi lebih produktif.

2. Fokus yang lebih tajam
Disaat tubuh telah bersemangat untuk memulai hari hal ini akan membuat pikiran kita juga lebih fokus dalam melakukan aktivitas. Apakah Anda berada di kelas atau di tempat kerja, hal terakhir yang Anda inginkan di pikiran Anda adalah makanan, karena sekali pikiran semangkuk hangat dari sereal dengan sisi yogurt buah memasuki otak Anda, tidak ada gunanya mencoba untuk fokus pada apa pun lain. Dengan mengkonsumsi sarapan setiap pagi, kamu akan sanggup untuk lebih fokus dan produktif sampai waktunya mengisi bahan bakar pada saat makan siang.

3. Sarapan membantu mengurangi rasa mudah tersinggung



Merasa rewel di pagi hari diartikan - barangkali kamu masih ingin berada di kasur untuk tidur sebentar lagi, kamu belum siap untuk pergi bekerja, dan apa yang kebanyakan orang lupa, kamu sedang kelapan! Bayangkan pergi tanpa makanan selama 8 sampai 12 jam selama satu hari; kamu mungkin tidak akan menjadi orang yang paling didekati di kantor atau ruang kelas. Lakukan sendiri, dengan teman sekelasmu dan atau rekan kerjamu nikmat dengan makan sarapan untuk membantu kamu menangani setiap kemurungan pagi hari dan stres.

4. Meningkatkan metabolisme
Ketika kamu tidur, metabolisme cenderung melambat. Satu-satunya cara untuk membangkitkan memulai metabolismemu untuk hari ini yaitu memulainya dengan sarapan yang sehat. Hal ini akan memungkinkan tubuhmu untuk mulai membakar kalori dari awal hari, bukan di tengah-tengah hari setelah kamu makan siang.

5. Mencegah kelaparan
Ketika kamu tidur, tubuhmu tidak membakar banyak kalori. Jika kamu menunda daging pertamamu hari ini sampai makan siang, tubuhmu akan menuju ke mode pertahanan hidup dan mulai menyimpan kalori, menimbun lemak. Lakukan sendiri sebuah kebaikan dan gunakan waktu untuk sarapan sehingga tubuhmu tidak berpikir bahwa kamu kelaparan dan sangat menyia-nyiakan cadangan kalori.

6. Mencegahmu untuk makan berlebihan



Jika kamu memanjangkan waktu antara makan malam dan makan dihari berikutnya, itu wajar jika kamu makan terakhir lebih dari seharusnya. Rasa lapar dan berpikir bahwa makanan sepanjang hari hanya akan menyebabkan kamu menelan pada makan siang lebih banyak, mengkonsumsi kalori lebih akan menimbulkan obesitas dan komplikasi kesehatan lainnya.

7. Membatasi porsi makanan seharusnya


Kamu mungkin tidak merasa lapar ketika kamu pertama bangun, tetapi makan sehat, sarapan seimbang dapat membantumu merancang dan memporsikan makananmu untuk menghabiskan hari. Hal tersebut, tidak membuatmu tergoda untuk terus makan atau tidak membutuhkan camilan, keduanya merupakan kebiasaan yang tidak sehat yang dapat membuatmu untuk menolak nutrisi dengan menghilangkan rasa lapar dengan makanan berlemak kapanpun kamu ingin.

8. Membantu mengurangi kolesterol jahat


Mengkonsumsi sarapan setiap pagi dapat membantu menurunkan kolesterol LDL, yang diketahui sebagai Kolesterol atau Lemak jahat. Ketika kamu lewatkan sarapan, kamu telah menciptkanan sebuah rantai reaksi dalam tubuhmu:

  • Pertama, kamu memperlambat metabolismemu.
  • Kedua, lemak adalah simpanan terbesar di dalam tubuh.
  • Ketiga, kamu memiliki kecenderungan yang tinggi untuk makan terlalu banyak pada makananmu
  • Keempat, kamu mendapatkan berat badan dan LDL kolesterol kamu meningkat.
9. Sarapan dapat menjadi nutrisi dan lezat



Jangan membiarkan kekurangan waktu menjagamu dari nikmat gigitan untuk makan setelah bangun. Mengawali hari dengan makanan sehat dan lezat. Kamu bahkan dapat membiarkan sebuah gigitan dengan beberapa daging renyah, sosis atau pancake. Hanya memastikan untuk mendapatkan sesuatu dengan nilai gizi yang tinggi di sisi seperti sepotong melon atau semangkuk stroberi segar.

10. Makan sarapan untuk menurunkan berat badan


Satu dari manfaat-manfaat terbesar dari makan sarapan setiap pagi adalah kamu dapat menurunkan berat badan dengan melakukannya. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan berat badan umumnya terkait dengan melewatkan sarapan. Makan sarapan setiap pagi adalah salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan dan makan sehat, karena dari mengurangi rasa lapar di siang hari sehingga konsumsi makanan menjadi lebih sedikit.

1 komentar:

Putro mengatakan...

Yes, ane salah seorang yang setuju tentang pentingnya kita sarapan. Nice info ya gan :-)
bulan pada bumi datar | Microsoft Bisnis Kecil