Minggu, 27 Desember 2015

Manchester United

--- Titik Awal ---

Manchester United tercatat sebagai salah satu klub sepak bola termasyur di dunia dengan basis suporter tersebar di berbagai belahan benua. Siapa yang membayangkan jika ternyata tonggak berdirinya klub raksasa Liga Premier itu hanya berasal dari kumpulan para pekerja depot kereta api Lanchashire dari Yorkshire, Newton Heath. Tepat pada tahun 1878, resmi terbentuksebuah klub dengan nama Newton Heath L & YR, yang di kemudian hari menjelma menjadi salah satu raksasa kekuatan sepak bola Eropa dan dunia.

Markas pertama klub terletak di North Road, kini Northampton Road, di Newton Heath, dekat cikal bakal Stasiun Picadilly. Tempat tersebut menjadi saksi bisu sepak terjang Tim Newton Heath selama 15 tahun, yaitu medio 1878 sampai 1893.

Markas klub tersebut sebenarnya tak begitu ideal. Para pemain harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 mil hanya untuk berganti kostum di pemukiman penduduk di Three Crowns. Lapangan pertandingan pun kondisinya kurang layak karena berlokasi di area tanah liat dan berlumpur.

Sekarang, di tempat yang menjadi tonggak awal klub berjulukan Setan Merah itu, berdiri kukuh North Manchester Bussines Park. Di Kawasan itu, pernah pula berdiri sekolah menengah Moston Brook dan ditandai dengan sebuah plakat keberadaan klub Newton Heath, sebelum benda itu hilang dicuri.

Memasuki periode 1893, klub mulai berlaga di level Football League dan memutuskan hubungan dengan perusahaan kereta api. Label L & YR kemudian ditanggalkan dari nama klub. Klub berjulukan The Heathens ini juga melakukan gebrakan dengan pindah ke markas yang lebih kecil, sekitar 3 mil dari tempat semula, di wilayah Clayton, September 1893. Kandang baru Newton Heath ini juga tak terlalu ideal karena berada di tengah-tengah kawasan industri. Tempat tersebut sekarang berubah fungsi mejadi area parkir mobil Manchester Velodrom, ditandai dengan sebuah plakat berlabel Bank street.

Seiring pergantian abad, Newton Heath terbelit persoalan finansial. Tunggakan mereka di bank mencapai 2.500 pound sterling. Namun, pada sebuah pertemuan di New Islington Hall, Ancoats, di tahun 1901, bek tengah tim tersebut, Harry Stafford, mengemukakan rencana klub. Garis nasib tim berubah berkat sebuah peristiwa tak terduga. Konon pengusaha bir lokal, John Davies, sangat ingin membeli anjing milik Stafford, tapi ditolak. Stafford kemudian mengungkapkan kesulitan klub dan Davies diusulkan melunasi tunggakan serta diangkat menjadi pimpinan.

Tawaran itu di terima, dan pada pertemuan awal dewan klub, Davies mengusulkan perubahan warna kostum menjadi merah dan putih, serta mencari nama baru sebagai refleksi langkah anyar klub.

Nama Manchester Central dan Manchester Celtic sempat mencuat. Akan tetapi, akhirnya mereka menyepakati Manchester United sebagai identitas baru klub. Eksistensi klub tersebut secara resmi dimulai pada 26 April 1902.


--- Maskot-Maskot United ---
  • Billy The Goat : Maskot United antara 1905 dan 1909 yang diarak mengelilingi stadion Bank Street sebelum pertandingan. Disumbangkan ke klub oleh Kapten Charlie Robert, yang mendapatkan Billy dari perusahaan teater. Dia suka minum minuman keras dan tim sering kali membawanya ke bar.
  • “Hoppy”Thorne, The “One-Legged Wonder” : seperti arti namanya, “Hoopy”, ia kehilangan kakinya pada Perang Dunia Pertama, dan bekerja di Old Trafford sebagai tukang sapu. Sebelum pertandingan kandang pada era 1930-an dan 1940-an, dia memakai kaos merah dan celana pendek putih, meloncat atau berlari mengelilingi lapangan, tergantung apakah ia memakai kaki palsunya atau tidak.
  • Jack Irons : Dikenal dalam balutan baju merah dan putih, topi tinggi dan menggunakan payung merah dan putih. Jack Irons adalah maskot United di era 1950-an hingga pensiun pada 1963. Dia sempat kembali untuk final Piala Champion 1968 di Stadion Wembley.

3 komentar:

Putro mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Putro mengatakan...

Awesome. Nice info banget. Selama daku suka MU ga pernah neliti sampe sedemikian rupa. Sampe ke maskot2 nya lagi. Btw Mba'e MU lovers juga nih?

Coba lihat Ahok dari sisi bukan sebagai pemimpin | dua tahun pemerintahan jokowi jk

chaesaropha mengatakan...

Hehe, tidak meneliti kok mas, kebetulan punya bukunya jadi bisa berbagi. Terima kasih kembali sudah membaca.
Iya, saya fans MU #GGMU