Senin, 28 Januari 2019

Memperingati Hari Gizi Nasional ke-59

Assalamualaikum Wr. Wb.
Masih hangat-hangatnya memperingati Hari Gizi Nasional ke-59 tepatnya pada tanggal 25 Januari 2019 lalu. Sebagai salah satu Nutrisionis aku gak mau dong ketinggalan dalam meperingatinya. Tema untuk HGN tahun ini adalah “Keluarga Sadar Gizi, Indonesia Sehat dan Produktif”.
Kebetulan posisiku sedang ada di Jakarta nih, dan bisa ikut kegiatan yang diadakan di Car Free Day hari Minggu tanggal 27 Januari 2019. Berlokasi di  depan Gedung Kementerian Agama Jakarta. Acara diawali dengan sambutan dan dilanjut gerak jalan bersama Nutrisionis dari berbagai instansi.
Setelah kegiatan gerak jalan, kami diajak senam Zumba bersama meski ada sedikit masalah dengan sound sistemnya. Semua berjalan seru banget. Oh iya, sebelumnya kami sedikit khawatir karena sejak dini hari, hujan menguyur Ibukota dengan cukup deras. Hingga sebelum gerak jalan gerimis pun masih mengiringi kami. 



Seberapa seru senam Zumba kami? Ini dia sedikit cuplikannya…

Seru kaaannn???
Nah, setelah senam Zumba aku dan teman-teman FORGIZINESIA punya acara tersendiri. Hehe maaf ya panitia kami tidak ikut keseruan lanjutan bersama kalian. Oh iya, pasti kalian bertanya apa itu FORGIZINESIA kaan??? Nih aku jelasin sedikit, sedikit aja ya? Kalau mau tau banyak bisa cek di akun Instagram kami @FORGIZINESIA

FORGIZINESIA adalah Forum Tenaga Gizi Nusantara Sehat Se-Indonesia. Itu mah kepanjangannya yah, hehe. Forum ini merupakan wadah bagi para tenaga gizi atau yang biasa aku sebut Nutrisionis di blog, yang berkecimpung dalam Program Nusantara Sehat. Tujuannya untuk saling bersilaturahmi, meningkatkan pengetahuan dan kompetensi, serta untuk memberikan peluang karir.
Untuk informasi lengkapnya kalian juga bisa kunjungi website kami di forgizinesia.com.
Oke, kita lanjut lagi. Setelah semua permainan disiapkan, kakak-kakak dari FORGIZINESIA mulai mengajak adik-adik yang ikut CFD untuk bermain bersama. Kami membuat 2 permainan, yaitu Ular Tangga dan Puzzle Isi Piringku.
1.     Ular Tangga
Disini adik-adik tidak hanya diajak bermain ular tangga saja, tetapi juga diajak belajar untuk mengetahui hal-hal seputar Gizi atau Nutrisi dan kesehatan. Dalam setiap kotak terdapat gambar-gambar lucu. Khusus yang ada tangga dan ular, gambar pada kotak tersebut memiliki keterkaitan loh.
Dan setiap peserta yang berhasil menduduki kotak dengan menaiki tangga ataupun turun karena ular akan mendapatkan sebuah pertanyaan. Bagi adik-adik yang bisa menjawab akan mendapatkan 1 poin. Dan permainan akan berakhir jika salah satu pemain berhasil mencapai kotak nomor 49.


Saking serunya bermain dan belum juga menang, salah satu pemain sampai tidak mau diajak pulang oleh mamahnya loh. Aku jadi ikut senang menyaksikannya, tingkah adik ini lucu sekali saat akan mengocok dadu hingga pindah ke kotak yang dituju. Ini dia adik lucunya…

Terima kasih partisipasinya ya adik manis.


2.    Puzzle Isi Piringku
Selanjutnya adalah permainan Puzzle dengan tema “Isi Piringku”. Apasih Isi Piringku?

Pasti 2 kata diatas masih asing dari pendengaran kalian yah? Nih aku jelasin, wajib banget buat kalian pahami geng. Isi Piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring untuk setiap kali makan dengan memperhatikan Gizi Seimbang.
Porsi Isi Piringku yang dianjurkan adalah makanan pokok (sumber karbohidrat) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring. Lauk-pauk (sumber protein) 1/3 dari 1/2 piring. Sayur-sayuran (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring dan buah-buahan 1/3 dari 1/2 piring.
Nah Disini, selain diajak bermain menyusun puzzle, adik-adik juga mendapatkan edukasi tentang Isi Piringku. Saat ditanya, masih banyak adik-adik yang makan tanpa sayur, padahal sayur memiliki komposisi yang cukup besar dalam Isi Piringku.


Ternyata peserta permainan puzzle nya pintar-pintar nih, mereka cukup cepat dalam menyusun Puzzle Isi Piringku. Aku dan teman-teman FORGIZINESIA senang sekali karena banyak adik-adik, kakak-kakak, bahkan orang tua yang ikut serta dalam permainan yang kami persiapkan.

Terima kasih juga untuk semua peserta Puzzle Isi Piringku atas partisipasinya.



Pokoknya seru banget deh kemarin, sekali lagi terima kasih untuk adik-adik dan teman-teman yang ikut serta dalam kegiatan memperingati Hari Gizi Nasional. Semoga keluarga kita selalu sadar gizi, Indonesia Sehat dan Produktif. 

Selamat Hari Gizi Nasional ke-59
Salam Svasta Harena

Tidak ada komentar: