Senin, 05 Desember 2016

10 Tips Sukses Menjadi Customer Service

Berkarir menjadi layanan pelanggan atau yang sering disebut “Customer Service atau CS” merupakan salah satu yang menarik, menantang dan bermanfaat. Tugas seorang Customer Service Profesional akan bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, tetapi sebagian besar waktu itu melibatkan atau berkaitan dengan pertanyaan atau permintaan layanan dari pelanggan melalui media seperti telepon, email, live chat, face-to-face dan bahkan di media sosial.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam karir ini, ada keterampilan kunci yang harus kamu miliki, seperti kemampuan berkomunikasi, ponsel dan komputer untuk beberapa nama. Berikut adalah tips mengenai bagaimana kamu dapat membuat sebagian besar keterampilan ini untuk berdiri dalam karir sebagai Customer Service Profesional.

#1. Berbudi Bahasa dan Bersedia Didekati


Tersenyum ketika berbicara dengan pelanggan, sopan santun dan menggunakan kata ajaib dalam percakapanmu dengan mereka. Maksudnya adalah untuk membuat percakapan terasa lebih hidup, hangat dan mudah diingat.

Tidak mudah berinteraksi dengan menggunakan suara, karena seperti menghabiskan hari kamu mungkin melepaskan kendali atau energi untuk menjadi hangat dan menghidupkan masing-masing pelanggan yang kamu ajak berinteraksi. Ini dapat diatasi dengan perlakuan masing-masing interaksi sebagai melengkapi yang baru, melayani pelanggan dalam satu waktu.

Jika pelanggan melihatmu sebagai seorang yang berbudi bahasa dan bersedia didekati, mereka akan hangat kepadamu, dan akan lebih hidup untuk membuatmu didambakan ‘Pelayan Rekomendasi’ itu dapat mendorong karirmu.

#2. Menjadi Positif

Menjadi positif adalah hal penting dalam karir menjadi Customer Service, dimana kamu mungkin akan berurusan dengan hal negatif (komplen pelanggan, kesalahan pelayanan, dan lainnya) adalah besar. Energi dari sikap positif juga menular, kamu dapat menyebarkannya di member tim dan mungkin pelanggan dalam keputusasaan.

Keadaan yang sanggup untuk tetap positif dan percaya bahwa kamu sanggup untuk mengatasi situasi negatif yang terjadi dalam karirmu. Satu dari jalan yang paling efektif untuk membangun sebuah pendapat positif lainnya adalah dengan bertanya pada dirimu sendiri pertanyaa berikut kapanpun kamu merasa dalam situasi negative. Tanyakan pada dirimu sendiri pertanyaan berikut:

Apa satu hal positif atau baik tentang situasi ini?
Apakah ada peluang baik dalam situasi ini?

#3. Menambah Kemampuan Interpersonalmu

Kemampuan interpersonal yang baik adalah kunci untuk setiap orang dalam Customer Service, terutama kamu akan dituntut untuk berinteraksi dengan pelanggan. Mengasah dan mengembangkan kemampuan ini akan membantu kamu merancang dirimu sendiri (dan karyawan) lebih positif, serta mencegah beberapa kecanggungan selama kamu berinteraksi dengan pelanggan.

Kemampuan interpersonal yang baik memungkinkan kamu membangun hubungan tertutup dengan pelanggan dan memelihara kepercayaan. Membuat hal ini mungkin untukmu untuk menjadi lintas penjualan sukses yang berdampak positif pada karyawan dibawahmu.

#4. Mencoba Untuk Bekerja Efisien


Kerja cerdas, melihat pada jalan untuk menambah ketepatanmu (dan produktivitas) di kantor. Menggunakan cara pintas keyboard, aplikasi manajemen waktu dan perkakas lainnya yang tersedia untuk menambah ketepatan guna dan produktivitas.

Semakin efisien kamu, kamu sanggup untuk membantu banyak pelanggan, ini membuat kamu berharga dan menjadi anggota tim yang diandalkan atasan kamu akan senang. Ketika atasanmu mulai melihatmu sebagai karyawan yang berharga, kamu berkesempatan untuk tumbuh berkembang.

#5. Belajar Untuk Berempati


Empati adalah seni dari mengenal dan mengerti emosi pada orang lain. Kemampuan ini adalah penting dalam membangun dan mempertahankan kedua bisnis dan hubungan interpersonal, dan memainkan aturan penting dalam menyelesaikan pengaduan.

Kemampuan untuk berempati adalah apa yang membantu kamu berhubungan dengan emosi pelanggan dan membayangkan situasi dari perspektif mereka. Kunci untuk melakukan ini, adalah dengan membayangkan diri sendiri akan mengalami atau mengalami tantangan pelanggan (menempatkan diri pada posisi mereka).

Ketika kamu berempati secara efektif, kamu akan lebih mengerti bagaimana untuk berhubungan pada situasi khusus dan bagaimana kamu dapat merasakan hal tersebut, ini memungkinkan untuk kamu mengatakan kata-kata baik yang dapat menenangkan ketersinggungan pelanggan.

#6. Master Kesabaran


Kesabaran adalah kemampuan Customer Service yang sangat penting, hal tersebut akan berguna terutama ketika kamu harus berurusan dengan pelanggan yang membuat keadaan dalam layanan pelanggan menjadi kacau.

Kesabaran memainkan sebuah peranan penting ketika kamu berurusan dengan marah atau pengaduan pelanggan, ini memungkinkan kamu untuk mendengar dan dengan tenang menyaring informasi yang berguna dan jawaban dari kemarahan pelanggan.

Menjadi layanan pelanggan frustasi professional tidak akan menempatkan kamu dengan baik dimanapun baik pada atasanmu maupun pelanggan, dan akan merugikan pertumbuhan karirmu.

#7. Bekerja Dengan Kecerdasan Emosionalmu

Emotional Intelligence (EI) adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, menilai, mengurus dan mengontrol emosi dari diri sendiri dan orang lain. Kesadaran ini mengarah pada kemampuan lain yang memungkinkan kamu untuk efektif berempati, mengurus sosia interaksi dan memberikan pelayanan pelanggan berkualitas tinggi.

Tingkat pada kecerdasan emosional berpengaruh pada kualitas dari layanan pelangganmu, ini menjadikan penting bahwa kamu bekerja pada kesempurnaan kecerdasan emotionalmu.

#8. Flexible

Seorang Customer Service Profesional harus mampu untuk menyesuaikan diri dengan sejumlah situasi dengan cepat, situasi tersebut berbeda dari permintaan pelanggan berbeda pada setiap waktu kerja, kesalahan layanan dan bahkan tempramen/tabiat pelanggan, beberapa pelanggan akan marah-marah, menggagalkan dan senang hati. Keluwesan adalah yang mungkin kamu untuk menyesuaikan/beradaptasi pada situasi berbeda dengan mudah. Itu juga membantu kamu untuk mengendalikan emosional sehat dan keseimbangan kehidupan kerja.

#9. Mengetahui Dan Memahami Produk

Pelanggan sering kali menjangkau untuk membuat pertanyaan tentang produk/layanan yang ditawarkan. Itu akan mengecewakan sebagai seorang professional jika kamu gagal untuk menjawab pertanyaan dasar tentang produk-produk.

Kamu harus tahu juga bahwa pengetahuan produk adalah pembeda terbesar antara Customer Service Profesional dan Customer Service Hero. Kemudian memiliki pengetahuan yang sangat baik dari produk/layanan utama mereka, dan bahkan melangkah lebih jauh untuk mendapatkan akal dan pintas yang dapat membantu pelanggan membuat yang terbaik dari itu.

Tetapi kadang-kadang bahkan yang terbaik dapat lupa. Jika kamu mendapatkan diri sendiri pada situasi demikian TIDAK BISA katakan “Saya tidak tahu” memberikan percobaan untuk mendapatkan jawaban.

#10. Membangun Hubungan Dengan Rekan


Waktu istimewa, untuk menyelesaikan sesuatu untuk pelanggan, kamu harus berkolaborasi dengan rekan didalam timmu, atau di departemen lain. Hal ini menjadi penting untuk kamu membangun hubungan yang kuat dengan mereka atau departemen lain. Sehingga pada saat kamu mengalami kendala diluar kemampuanmu, kamu akan mendapatkan bantuan dari mereka.

Bagaimana tips yang telah aku berikan? Apakah sudah kamu miliki 10 hal yang penting sekali sebagai seorang Customer Service Profesional? Aku akan senang sekali jika informasi yang telah disampaikan bermanfaat bagi kalian. Semoga kita bisa selalu memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan. Lagi! Jika ada kritik ataupun saran bisa langsung dikolom komentar yaa, paling gak dibales hehe. Gak kok bercanda yah. See you on next information *kiss kiss*

Sumber: https://cxservice360.com/2016/11/14/success-tips-in-a-customer-service-career-part-2/

Tidak ada komentar: